Panjat Tebing atau istilah asingnya dikenal dengan Rock Climbing merupakan salah satu dari sekian banyak olahraga alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidak bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki melainkan harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya.

Mengenal Olahraga Panjat Tebing / Rock Climbing

Panjat tebing atau panjang dinding memang sudah masuk kategori olahraga ekstrim. Nah, apalagi free climbing yang tidak menggunakan alat apapun. Banyak yang bilang olahraga ini memang super ekstrim karena tidak menggunaka alat bantu apapun saat memanjat tebing.

3 Manfaat Olahraga Panjat Tebing Bagi Tubuh

Meskipun panjat tebing merupakan salah satu jenis olahraga yang terbilang sangat ekstrim. Karena para pemanjat bisa saja jatuh dan terluka dalam sebuah insiden yang tidak terduga. Dibalik itu, terdapat beberapa manfaat olahraga ekstrem yang bisa didapatkan dari kegiatan kesehatan panjat tebing ini.

Manfaat Olahraga Panjat Tebing Bagi Tubuh

  • Membentuk otot dan ketahanan tubuh

Banyak anggapan yang mengatakan bahwa panjat tebing hanya membutuhkan kekuatan otot bagian atas. Padahal, banyak faktor fisik lain yang memengaruhi performa dalam memanjat tebing, seperti besar otot, gerakan kaki yang lincah, hingga kekuatan otot tubuh bagian bawah. Selama 1 jam, ada sekitar 700 kalori yang dibakar & otot / kardio akan berjalan seimbang.

  • Baik untuk kesehatan mental

Olahraga panjat tebing membantu meningkatkan fokus Anda dan ketahanan mental agar tidak mudah teralihkan dengan hal lainnya. Anda akan belajar untuk bisa merasakan dan menikmati berbagai hal yang terjadi saat olahraga panjat tebing. Melakukan olahraga panjat tebing mampu membuat Anda semakin percaya diri, sabar, serta memiliki kemampuan menyelesaikan masalah yang lebih banyak dan bervariasi.

  • Melatih keberanian dan percaya diri

Selain melatih sensorik dan motorik, manfaat lain yang bisa diperoleh adalah munculnya keberanian, kemandirian, dan percaya diri. Melalui panjat tebing akan terlatih dan mengetahui bahwa untuk mencapai tujuan yang tinggi diperlukan keberanian.

Berikut ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat ingin melakukan panjat tebing:

  1. Lakukan pemanasan sebelum memulai olahraga panjang tebing.
  2. Fokus dan pertahankan konsentrasi ketika melakukan panjat tebing.
  3. Komunikasikan dengan orang di bawah yang membantu Anda memanjat tebing, agar dia memastikan bahwa tali terpasang dengan kencang dan baik, serta menyiapkan penolong jika sewaktu-waktu Anda ingin turun dari tebing.
  4. Istirahat sejenak ketika mulai merasa lelah atau membutuhkan waktu untuk menenangkan diri.
  5. Jangan memaksakan diri. Jika tidak kuat atau kesulitan meneruskan panjatan, Anda bisa mencobanya lagi di lain waktu.